,

Gelar Raker Perdana, Forum BPD Hadir untuk Membantu Pemerintah Desa Wujudkan Pembangunan yang adil dan Merata

Pasuruan, areknews – Forum Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kabupaten Sidoarjo menggelar Rapat Kerja pertama dengan tema Meningkatkan Kapasitas dan Fungsi BPD dalam pembangunan di Desa untuk menuju Masyarakat, Maju, Adil dan Sejahtera.

Raker Forum BPD  yang diikuti oleh 32 peserta ini dibuka langsung oleh Ketua Umum Forum BPD Sidoarjo Sigit Setiawan, di Royal Tretes View, Sabtu (13/7).

Dalam sambutannya Sigit mengajak seluruh anggota Forum BPD agar memiliki semangat optimisme dan rasa percaya diri untuk berkarya lebih baik lagi mewujudkan Kabupaten Sidoarjo yang Maju, Adil dan Sejahtera melalui pembangunan di desa yang menjadi ‘ujung tombak’ pembangunan nasional sesuai dengan nawa cita Presiden RI Joko Widodo.

“Forum BPD ini hadir untuk membantu kinerja pemerintah desa sesuai dengam tupoksinya. Pembangunan ditingkat desa menjadi ‘ujung tombak’ pembangunan nasional,” ujarnya.

Sigit meminta kepada semua anggota Forum BPD agar terus berkoordinasi dengan kepala desa beserta perangkat untuk mewujudkan pembangunan desa yang maju dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Semoga momentum ini akan menambah semangat baru dalam upaya kita membangun kabupaten Sidoarjo yang lebih baik lagi dimasa mendatang,” terangnya.

Selain itu berpesan untuk terus menyesuaikan diri, bekerja dan berinovasi, agar paham betul dengan situasi, kondisi, potensi, problematika, serta aspirasi yang ada di masyarakat. “Selalu kedepankan budaya jujur, gotong royong, kebersamaan dan terbuka didalam bekerja dan melayani masyarakat,” tambahnya.

BPD ‘Jembatan’ Komunikasi

Sementara itu, Ketua Panitia Raker yang juga Ketua Forum BPD Kecamatan Porong Eko Widodo menyampaikan ucapan terima kasih kepada para peserta atas bantuan yang telah diberikan sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar.

“Saya sangat berterima kasih kepada semua peserta dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada semua panitia yang telah membantu sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar,” katanya.

Ia menjelaskan, BPD yang notabene sebagai jembatan komunikasi antara masyarakat dengan eksekutif yaitu Pemkab Sidoarjo, akan terus bekerja memprioritaskan kepentingan warga masyarakat, terutama di Kecamatan Porong.

“Apa yang menjadi aspirasi warga masyarakat Porong tentu menjadi prioritas kinerja BPD Kecamatan Porong,” tegas Eko Widodo yang juga pengusaha muda sekaligus seorang jurnalis televisi lokal.

Dirinya kembali mengatakan, sinergitas dengan Pemkab Sidoarjo sangat penting dalam rangka merealisasikan program-program pembangunan di Kabupaten Sidoarjo hingga ke pelosok desa.

“Untuk itu, intensitas komunikasi antara masyarakat, BPD dan Pemkab Sidoarjo harus tetap terjaga dengan baik,” pungkasnya.xco