, ,

Semarakkan Hari Anak Nasional, Srikandi PLN Gelar Berbagai Aksi Kepedulian

Surabaya, areknews – Semarakkan Hari Anak Nasional, Srikandi PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur gelar aksi kepedulian pada anak jalanan dan siswa sekolah dasar. Aksi kepedulian pada anak jalanan yang tergabung dalam Save Street Children Surabaya (SSCS) ini diwujudkan dalam bentuk nonton bareng film di bioskop pada Selasa (24/7). Manager Komunikasi dan TJSL, Dana Puspita Sari mengatakan dengan berbagi kebahagiaan bersama anak jalanan ini dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan baru diluar kebiasaan sehari-hari yang dilakukan.

“Jika setiap harinya mereka selalu di jalanan, kami ingin memberikan pengalaman baru yang mampu mengedukasi tentang nilai-nilai dalam kehidupan yang juga bisa didapat dari film. Selain itu, kami berharap kegiatan ini dapat memberikan kebahagiaan bagi mereka,” tambah Dana.

Edukasi anak jalanan yang digagas oleh komunitas SSCS ini didampingi PLN Peduli sejak tahun 2019 melalui pemberian motor pintar yang digunakan untuk membawa buku bacaan dan sarana edukasi di lokasi-lokasi kegiatan mengajar untuk anak-anak jalanan. Pada tahun 2020, PLN Peduli memberikan bantuan sarana penunjang edukasi berupa laptop dan tablet yang juga membantu anak-anak dalam mengikuti pendidikan secara daring.

Pada tahun 2021, PLN menyediakan basecamp utama kegiatan Sekolah Anak Jalanan yang dilengkapi dengan PLN Edu, tempat singgah yang kemudian diberi nama Rumah Anak Merdeka. Sementara, pada tahun 2022 PLN Peduli memberikan edukasi nonformal berupa pembekalan kompetensi digital untuk fotografi dan kompetensi digital lain. Selanjutnya pada tahun 2023, PLN memberikan beasiswa pendidikan kepada para anak jalanan.

General Coordinator SSCS, Advin Mariyono mengucapkan terima kasih kepada PLN atas konsistensi kepedulian pada anak jalanan.

“Setiap anak berhak mendapat pendidikan salah satunya edukasi melalui film, semoga edukasi yang diberikan dapat menambah semangat dalam mewujudkan cita-citanya,” papar Advin.

Masih dalam rangka semarakkan Hari Anak Nasional, Srikandi PLN memberikan edukasi dan bantuan makanan bergizi kepada siswa Sekolah Dasar (SD) Siwalankerto I Kota Surabaya pada Rabu (24/7). Pemberian makanan bergizi ini sebagai salah satu upaya PLN mencegah stunting pada anak-anak.

Kepala SD Siwalankerto I, Yosephine Sri Wagiyanti mengapresiasi penuh kehadiran PLN.

“Terimakasih atas perhatian dan kepedulian Srikandi PLN kepada sekolah kami, bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi kami, serta pengetahuan yang diberikan kepada kami mengenai edukasi datangnya listrik dan lainnya sehingga anak-anak dapat lebih hati-hati,” kata Yosephine.

General Manager PLN UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo mengatakan berbagai aksi yang digelar Srikandi PLN pada Hari Anak Nasional ini merupakan langkah kecil yang diharapkan dapat memberi arti dan manfaat secara meluas.

“Kepedulian dan semangat berbagi inilah yang ingin kami tularkan karena setiap anak-anak Indonesia memiliki hak yang sama untuk mewujudkan cita-citanya,” pungkas Agus.met