, ,

Perkuat Proteksi GI Sidoarjo di Akhir Pekan, UIT JBM Kerahkan Pasukan Khusus

Sidoarjo, areknews – PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Surabaya melakukan langkah proaktif untuk menjaga keandalan dan kontinuitas penyaluran energi listrik di wilayah Sidoarjo. Akhir pekan lalu (28/7), pemasangan jumper (sambungan) Ground Shield Wire (GSW) di Gardu induk (GI)150kV Sidoarjo berhasil diselesaikan oleh pasukan elite yaitu Tim PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan).

“Pekerjaan pemasangan jumper GSW pada 5 titik beam serandang dilakukan dalam keadaan bertegangan oleh PDKB selain memberikan fleksibilitas dalam eksekusi, juga mengurangi risiko terganggunya saluran listrik untuk pelanggan di akhir pekan. Tujuannya memperkuat sistem proteksi GI terhadap sambaran petir”, ujar Amiruddin, General Manager PLN UIT JBM.

Pemasangan jumper GSW dilakukan, setelah temuan anomali pada kegiatan patroli rutin petugas. Dengan pemasangan jumper, saat terjadi sambaran petir, arusnya akan dapat mengalir langsung ke tanah melalui tiang beam serandang, tanpa sempat mengganggu sistem, sehingga meningkatkan keandalan sistem penyaluran energi listrik, terutama disiapkan menghadapi perubahan cuaca ekstrim.

“Langkah preventif dilakukan oleh Tim PDKB UPT Surabaya sebagai upaya peningkatan pelayanan terhadap pelanggan. Komitmen PLN terus meningkatkan keandalan sistem penyaluran tenaga listrik dan meminimalisir gangguan suplai kepada pelanggan”, lanjut Amiruddin.

Amiruddin menyampaikan, seluruh pekerjaan pemasangan jumper GSW tetap memprioritaskan keselamatan ketenagalistrikan demi keamanan dan kelancaran pekerjaan. “Tim PDKB merupakan tim yang terdiri dari pegawai dengan kemampuan melaksanakan pekerjaan dalam keadaan bertegangan, tim ini juga sudah tersertifikasi dan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) Khusus untuk melaksanakan pekerjaan dalam keadaan bertegangan. APD ini juga kami cek dan perbarui secara rutin untuk menjamin keamanan petugas” tambah Amiruddin.

Dengan upaya preventif dan penguatan sistem proteksi pada GI Sidoarjo ini, diharapkan keandalan sistem penyaluran tenaga listrik di wilayah Surabaya dapat terjaga, terutama jika memasuki musim penghujan yang identik dengan sambaran petir. PLN akan terus bekerja dari hati untuk menerangi negeri, dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.met