, ,

PT PLN Persero Resmikan Centralized Command Center

Surabaya, areknews – PT PLN (Persero) terus mengawal Keandalan penyediaan tenaga listrik ke Masyarakat serta pelaku industri yang menjadi agenda yang harus terus dijaga agar dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Selain itu, kebutuhan akan Listrik semakin meningkat seiring dengan pembangunan ekonomi, urbanisasi, serta pertumbuhan penduduk Indonesia. Untuk itu, PT PLN (Persero) terus berinovasi dalam menjaga keandalan tenaga listrik di Jawa Timur.

Banyak faktor yang mendukung tingkat keandalan pendistribusian listrik mulai dari hulu, yaitu pembangkitan, hingga ke hilir yaitu pelanggan. Dalam hal pengaturan pendistribusian Listrik, PT PLN (Persero) membagi fungsi monitoring sistem kelistrikan di beberapa unit kerja PLN, salah satunya yaitu di PLN UP2D Jawa Timur.

Manager PLN UP2D Jatim, Hendrix Reza menyampaikan, Monitoring sistem kelistrikan yang terdapat di PLN UP2D Jawa Timur menggunakan sistem SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition). Dengan sistem SCADA, PLN mampu melakukan control terhadap peralatan Listrik di lapangan dari jarak jauh serta mengumpulkan data-data kelistrikan dari suatu peralatan yang terpasang pada sistem pendistribusian Listrik.

“Sistem kelistrikan di PLN sekarang lebih canggih, lewat sistem SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition) mampu melakukan control peralatan listrik di lapangan dari jarak jauh,”terang Hendrix Reza di sela sela kunjungan PLN UP2D Semarang.

Hendrix Reza menambahkan, dalam proses percepatan penanganan gangguan kelistrikan di pelanggan, PLN UP2D Jawa Timur menerapkan sistem Centralized Command Center yang telah diresmikan oleh GM PLN UID Jawa Timur pada tanggal 17 Agustus 2024. Command Center yang sebelumnya tersebar di kota Surabaya, Leces (Probolinggo) dan Kertosono (Nganjuk) kini dipusatkan menjadi satu Lokasi, yaitu di Surabaya.

“Sekarang dijadikan satu tempat, yaitu di PLN unit UP2D Jawa Timur. Sebelumnya ada di 3 lokasi berbeda yang ada di Jawa Timur, langkah ini mempercepat proses penanganan gangguan kelistrikan pada pelanggan,” Ujar Hendrix Reza, Manager PLN UP2D Jatim.

Pemusatan Command Center ini juga menjadi role model yang hangat diperbincangkan diantara Unit Pengaturan Distribusi PLN di Jawa Timur. Hal tersebut ditandai dengan adanya kunjungan dari UP2D Semarang yang meninjau langsung Centralized Command Center yang di pusat kan di UP2D Jawa Timur.

Melalui Centralized Command Center, nantinya PLN berharap dapat memperkuat positioning sebagai perusahaan yang berorientasi kepada kepuasan pelanggan dan terdepan dalam akselerasi transisi energi.met