, ,

Inovasi ECO-GRINDER KAFFE Tingkatkan Produksi Kopi Desa Kare


Madiun, areknews –Tim PENGMAS SMESS Prodi Statistika Universitas Airlangga memperkuat potensi UMKM dan Desa Wisata Kare melalui program “Pengabdian Masyarakat Sustainable Development Goals (SDGs) 2024”.

Ketua PPDB dan Pembimbinh Pengmas SDGs, Dr. M. Fariz Fadillah Mardianto, S.Si., M.Si. mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan di Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun dengan tujuan meningkatkan potensi lokal dari Desa Kare sebagai Desa Wisata dan penghasil produk-produk berkualitas dari beragam UMKM lokal. Selain itu, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Desa Kare, yang dikenal sebagai salah satu tempat penghasil biji kopi terbaik dan produk pertanian lainnya, memiliki potensi besar dalam sektor pertanian dan pariwisata. “Wisatawan Desa Kare dapat merasakan langsung pengalaman memetik biji kopi langsung di perkebunan kopi. Sekaligus bisa menikmati hasil olahan biji kopi tersebut,” katanya.

Namun, pengelolaan dan promosi Desa Wisata serta hasil produk lokal Desa Kare masih membutuhkan perhatian lebih jauh. Oleh karena itu, program studi Statistika, Fakultas Sains & Teknologi, Unviersitas Airlangga, berkolaborasi dengan Kepala Desa Kare, Bank Jatim, DISKOMINFO, DISPARPORA, DISDAGKOP, Pendamping UMKM setempat, dalam melaksanakan serangkaian kegiatan Pengabdian Masyarakat Sustainable Development Goals (SDGs) 2024 yang diawali dengan kegiatan sosialisasi, pendampingan, dan evaluasi dalam memperkuat dan mengembangkan branding Desa Wisata.

Menjelang akhir kegiatan, alat penggiling kopi elektrik resmi diluncurkan oleh Tim PENGMAS SMESS Prodi Statistika Universitas Airlangga Universitas Airlangga di Desa Kare, Kabupaten Madiun. “Alat ini merupakan inovasi dari mahasiswa dan dosen untuk membantu warga Desa Kare memaksimalkan potensi yang dimiliki Desa Kare yaitu sebagai Desa Penghasil Kopi,” jelasnya.

Eco–Grinder Kare’s Coffe

Alat ini diberi nama ECO- GRINDER KAFFE atau Eco–Grinder Kare’s Coffe yang memang ditujukan kepada masyarakat Desa Kare. Melalui alat ini, diharapkan mampu menjadi solusi permasalahan serta kendala pengusaha kopi di Desa Kare dalam produksi kopi yang efisien, cepat, serta ramah lingkungan.

Dengan hadirnya program kegiatan “Pengabdian Masyarakat Sustainable Development Goals (SDGs) 2024” ini, diharapkan Desa Kare mampu untuk meningkatkan daya saingnya sebagai desa wisata unggulan, yang pada gilirannya akan memberikan manfaat ekonomi yang lebih besar dan berkelanjutan bagi masyarakat setempat.

“Program ini juga diharapkan mampu mendorong keterlibatan aktif masyarakat dalam mengelola dan mempromosikan potensi wisata desa, sehingga Desa Kare dapat berkembang menjadi destinasi wisata yang dikenal luas, baik di tingkat lokal maupun nasional,” pungkasnya.adv
 

Latest posts
Search