, ,

Pasar Kapasan Kembali Dibuka, JT Ingatkan Pedagang Patuhi Physical Distancing

Surabaya, areknews – Dibukanya kembali Pasar Kapasan oleh pemerintah kota Surabaya mendapat apresiasi Komisi B DPRD Surabaya. Pasar yang sempat ditutup beberapa hari lalu, akibat Covid-19 ini menjadi pembelajaran agar dalam mengambil keputusan harus lebih teliti dan profesional, terutama dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Satu hal yang perlu disadari oleh masyarakat bahwa Pasar Kapasan sekarang dibuka, tempo hari sempat ditutup ini merupakan salah satu pembelajaran,” ujar John Thamrun Anggota Komisi B DPRD Surabaya, Sabtu (18/4).

Anggota Fraksi PDIP DPRD yang akrab disapa JT ini mengatakan, dengan tidak terjaganya social distancing dan tidak dilaksanakanya SOP dalam Physical Distancing, maka yang terjadi adalah masyarakat berpotensi akan terjangkit virus Covid-19.

“Kejadian di Pasar Kapasan ini merupakan salah satu pembelajaran bagi masyarakat luas, baik itu pedagang maupun masyarakat sendiri,” ungkapnya.

Patuhi Physical Distancing 

Suasaan
Suasana pedagang saat memasuki stan di Pasar Kapasan. Ist

Untuk itu, John Thamrun mengimbau, agar selalu memakai masker, menjaga jarak, sering cuci tangan agar tidak terjangkit virus tersebut, kalau sampai terjangkit maka efeknya akan mengganggu sistem perekonomian, contoh yang sudah terjadi di Pasar Kapasan.

“Tapi kita patut bersyukur, bahwa di Pasar Kapasan sampai hari ini tidak terjadi penyebaran Covid-19,” katanya.

Kedepannya, kata John Thamrun, bukan berarti dipastikan dijamin aman, tetapi semua tergantung dari masyarakat baik itu pembeli maupun pedagang masuk ke Pasar Kapasan harus tetap menjaga tinggi disiplin SOP Physical Distancing yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

“Kesadaran dari masyarakat sangat diperlukan untuk menjaga diri masing-masing dan saling mengingatkan kepada orang lain supaya menjaga jarak dan memakai masker,” tuturnya.

Dalam hal ini, Pihaknya mengajak bersama sama untuk memberikan respon yang baik kepada pemerintah kota surabaya untuk bekerja sama menjaga SOP Physical Distancing dengan baik.

“Saya bersyukur pemerintah kota surabaya respon kepada pedagang Pasar Kapasan dan masyarakat untuk membuka sebelumnya waktunya,” pungkasnya.xco